Hello World pada Android

0
2:58 AM
TUTORIAL MEMBUAT HELLO WORD PADA ANDROID


Pembahasan kali ini adalah membuat Hello Word pada Android.
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah kita harus masuk ke Eclipse, dimana eclipse ini merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent) dan disini juga akan menentukan direktori untuk penyimpanan file aplikasi yang akan kita buat.



Setelah kita menentukan letak direktori, kita akan dihadapkan dengan jendela eclipse seperti gambar dibawah ini :

Langkah berikutnya kita pilih File – New – Android Application Project untuk membuat file baru 


 Kemudian untuk Application Name kita isi dengan HelloWords, untuk Minimum Requires SDK disini saya isi API 8 : Android 2.2 (Froyo), disini kita bebas untuk mengisi Minimum Requires nya. Untuk Compile with, disni saya isi dengan API 19: Android 4.4(KitKat). Kemudian klik Next


Klik Next lagi


Jika ingin mengganti Icon Aplikasi kita nanti :


Untuk pemula, kita pilih Blank Activity untuk memulai tampilan halaman yang polos.


Setelah itu kita akan masuk pada form kerja kita (Eclipse). Dibawah ini merupakan tampilan dari activity_main.xml. Pada jendela ini merupakan bagian coding.


Selanjutnya kita akan masuk ke bagian layout (interface) dengan cara kita mengklik langsung Graphical Layout pada activity_main.xml.


 Kemudian pada form Widgets pilih Textview dengan cara klik Textview dan drag kedalam layout


Untuk merubah tulisan Textview, kita harus merubah properties text nya terlebih dahulu. Tab propeties ini berada disebelah kanan. Disini saya ganti dengan Andri Hidayatullah.


Untuk textview yang kedua dan ketiga lakukan hal yang sama dengan textview yang pertama sehingga tampak seperti di layout berikut dan jangan lupa untuk menyimpan apa yang kita buat agar apa yang kita buat dapat di launch oleh emulator. Untuk menyimpan bias dengan cara klik File – Save All.


Kemudian kita akan me-running kan apa yang telah kita buat di emulator kita dengan cara klik kanan pada HelloWords (di Package Explores) kemudian pilih Run As – 1. Android Application


Setelah sekian cukup lama menunggu launcher loading maka akan keluar emulator dengan tampilan seperti apa yang telah kita buat di Graphical Layout tadi


Selamat Mencoba !!

About the author

Hanya Pecinta Seni ~
Tukang kode ~

0 komentar: